Selasa, 14 November 2017

Pengertian Zakat Menurut Bahasa Dan Istilah

Pembaca yang dirahmati Allah, pada kesempatan yang bahagia ini Kami akan berbagi sedikit ilmu kepada Kalian semua yakni tentang Pengertian Zakat Menurut Bahasa Dan Istilah, Kami menulis artikel ini dengan tujuan untuk mempermudah bagi orang yang ingin mencari artikel / ingin memahami zakat dari segi bahasa maupun istilah akan tetapi tidak mempunyai buku panduan tentang zakat, sehingga dengan adanya tulisan ini orang yang tidak mempunyai buku tentang zakat tidak perlu repot-repot mencari di toko-toko atau meminjam ke orang lain.

Dan mudah-mudahan tulisan yang ringkas ini benar-benar bisa memberikan manfaat kepada pembaca sekalian yang ingin mengetahui definisi zakat menurut bahasa dan istilah dengan pemahaman yang baik.

Baiklah tidak perlu panjang lebar, langsung saja, Apakah arti zakat menurut bahasa dan istilah ? berikut penjelasannya.

Pengertian Zakat Menurut Bahasa Dan Istilah


Pengertian Zakat Menurut Bahasa Dan Istilah


Akan kami jelaskan zakat secara bahasa terlebih dahulu, lalu berlanjut ke penjelasan selanjutnya yaitu secara istilah.

Pengertian Zakat Menurut Bahasa

Kata zakat berasal dari Bahasa Arab yakni (zakah). Di dalam kitab I'anatut Tholibin dijelaskan bahwa kata (zakah) bermakna:
- (tathir) artinya penyucian , pembersihan.
- (nama') artinya berkembang.
- (barakah) artinya berkah.

Dengan pengertian;
- Penyucian ; Zakat dapat menyucikan orang yang mengeluarkannya (menunaikannya) dari dosa (dosa yang disebabkan kesalahan karena memakai (menggunakan) hak orang lain yang seharusnya diberikan).
- Berkembang, barakah ; Harta akan berkembang (bertambah) disebabkan barakahnya zakat dan disebabkan doanya orang yang menerimanya.

Pengertian Zakat Menurut Istilah

Setelah kalian membaca tulisan di atas, kami rasa kalian sudah bisa menyimpulkan sendiri pengertiannya dari segi istilah. bagaimana ? sudah bisa menyimpulkan sendiri ? baiklah, jika belom bisa menyimpulkan, silahkan diteruskan membacanya.

Menurut Wikipedia, dalam segi istilah zakat adalah harta tertentu yang diwajibkan Allah SWT untuk dikeluarkan oleh orang muslim dan diberikan kepada orang yang berhak menerimanya dengan syarat wajib zakat yang telah ditentukan oleh agama.

Sebenarnya banyak sekali definisi zakat dari segi istilah yang dijelaskan oleh para pengarang di dalam kitab-kitab mereka. Dan setiap kitab memberikan definisi yang beragam. Meskipun beragam namun maksud dari definisi-definisi yang beragam tersebut memiliki maksud yang sama.

Dan pengertian yang telah kalian baca di postingan ini merupakan definisi zakat menurut wikipedia yang dihimpun dari berbagai kitab yang ada.

Penutup

Itulah Pengertian Zakat Menurut Bahasa Dan Istilah yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya kami mohon maaf, semoga bermanaat, dan terima kasih.


This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon