Jumat, 01 Desember 2017

Manfaat Zakat Mal Bagi Muzakki Maupun Mustahiq

Banyak sekali manfaat zakat mal dari segi sosial, ekonomi, maupun agama. Bagi masyarakat khususnya mustahiq (orang berhak menerima zakat) hikmah dari rukun islam ketiga ini tentu sangat dirasakan dalam kehidupan mereka. Dan bukan hanya mereka yang dapat merasakannya, orang yang menunaikannya (muzakki) pun juga dapat merasakan manfaatnya.
Manfaat Zakat Mal Bagi Muzakki Maupun Mustahiq


Manfaat Zakat Mal


1. Bagi Muzakki

Apa sajakah manfaatnya untuk mereka? Berikut penjelasannya.

• Menentramkan hati

Hati orang muzakki akan tenteram, tidak was-was terhadap harta yang mereka miliki, karena jika harta kekayaan mereka tidak dikeluarkan zakatnya, maka hak mustahiq tidak sampai, sehingga menimbulkan kesenjangan sosial, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Dan jika hal ini terus terjadi maka si miskin bisa saja mengincar harta mereka.

Sebagaimana yang sering kita dengar akhir-akhir ini dari berbagai media, perampokan, pencurian, dan yang semisal, di latar belakangi oleh keadaan si pelaku yang terjerat kemiskinan.

Padahal seandainya mereka mendapat bagian dari zakatnya seluruh orang kaya, insyaAllah mereka tidak akan lagi berada dalam kemiskinan. Dan tidak akan melakukan pencurian dan lainya.

• Menjadikan Muzakki memiliki jiwa dermawan

Kebakhilan yang ada pada diri seorang muzakki insyaAllah akan hilang dan akan tumbuh sifat dermawan jika selalu membayar zakat dari seluruh hartanya yang telah memenuhi syarat wajib zakat mal.

Karena kebakhilan merupakan sifat yang buruk, keburukan tersebut akan dapat dibersihkan dengan zakat. Sebagaimana Allah SWT mengisyaratkan dalam Al-Qur'an :
Allah SWT berfirman:

.... خُذْ  مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ عَلَيْهِمْ
"Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka .... ."
(QS. At-Taubah 9: Ayat 10)

• Harta semakin berkembang

Apabila zakat diberikan dengan iklas, bukan karena terpaksa, gengsi, atau yang lainnya, maka selain mendapatkan ridhonya Allah, muzakki juga akan mendapatkan manfaat yang lain yaitu hartanya akan semakin berkembang, bertambah banyak, karena hartanya barokah sebab keikhlasannya dalam berzakat.

Allah SWT berfirman:

 .... يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ
"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah (zakat) ...."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 276)

2. Bagi Mustahiq

Berikut beberapa manfaat bagi mereka: 

 Bisa melaksanakan kewajiban terhadap Allah

Karena kebanyakan dari para mustahiq adalah orang yang lemah, dengan zakat mereka terima bisa menutupi segala kelemahan mereka yang mereka untuk bisa melaksanakan kewajiban kepada Allah SWT.

• Menumbuhkan rasa cinta di dalam diri Mustahiq kepada Muzakki

Setiap manusia pasti akan merasa senang apabila diberi sesuatu yang tidak sangka-sangka. Dengan pemberian zakat dari Muzakki insyaAllah hubungan kasih sayang diantara mereka semakin erat.

Demikianlah Manfaat Zakat Mal Bagi Muzakki Maupun Mustahiq, semoga memberikan kemanfaatan.


EmoticonEmoticon